Manfaat Asuransi Perjalanan

Jika melakukan perjalanan merupakan bagian tidak terpisahkan dari hidup Anda, baik perjalanan untuk tujuan bisnis, pendidikan, maupun wisata, maka sudah saatnya Anda melindungi diri Anda dari berbagai risiko yang kemungkinan timbul dari perjalanan Anda. Dengan perlindungan ini, perjalanan Anda ke depan tentu akan menjadi lebih tenang dan nyaman, tanpa dibayangi berbagi kecemasan.

Bagaimana Anda dapat melindung diri sehingga bisa mendapatkan ketenangan dan kenyamanan ketika melakukan perjalanan? Perlindungan tersebut asuransi perjalanan. Asuransi adalah upaya melindungi diri dari berbagai risiko, terutama risiko keuangan menjadi lebih buruk ketika hal-hal yang tidak terduga dan tidak diinginkan terjadi. Jadi, asuransi dapat menjadi semacam jaminan bahwa ketika peristiwa tidak diinginkan terjadi, dan Anda harus mengeluarkan banyak biaya untuk menghadapinya, biaya tersebut telah ada.

Bagaimana dengan asuransi perjalanan, mengapa asuransi ini penting dan Anda sebaiknya memilikinya? Meskipun asuransi selalu tidak menarik untuk dibicarakan, tetapi tidak dapat dipungkiri bahwa asuransi memang sangat penting untuk dimiliki, temasuk asuransi perjalanan. Mengapa? Sebab, tidak ada seorang pun yang pernah tahu apa yang akan dihadapinya dalam perjalanan. Mungkin saja kecelakaan transportasi terjadi, Anda sakit sesampai di tempat tujuan, atau mengalami ketidaknyamanan akibat dokumen perjalanan yang hilang, keterlambatan bagasi, keterlambatan perjalanan, dan sebagainya. Jika semua ini Anda alami, asuransi perjalanan milik Andalah yang akan menaggung biaya yang harus Anda keluarkan untuk menyesaikan berbagai masalah tersebut.

Asuransi perjalanan akan membuat pikiran Anda tenang setiap kali melakukan perjalanan. Asuransi perjalanan sendiri umumnya terdiri atas dua jenis, yaitu perjalanan domestik (domestic travell) dan perjalanan mancanegara (overseas travell). Jaminan yang akan ditanggung oleh perusahaan asuransi untuk asuransi perjalanan domestik, biasanya meliputi berikut ini.

a. Jaminan keuangan jika terjadi kecelakaan selama perjalanan yang mengakibatkan kematian atau cacat tetap.

b. Pembayaran biaya rawat inap akibat terjadinya kecelakan selama dalam perjalanan.

c. Penggantian biaya pengembalian jenazah (biaya repatriasi) ke kota domisili pemegang asuransi, yang meninggal akibat terjadinya kecelakaan dalam perjalanan.

d. Penggantian biaya akibat keterlambatan bagasi karena terjadi salah pengantaran, antara lain biaya pembelian pakaian, alat mandi, dan kosmetik.

Sementara itu, manfaat atau jaminan yang dapat Anda peroleh untuk asuransi perjalanan mancanegara, antara lain sebagai berikut.

a. Jaminan keuangan jika terjadi kecelakaan dalam perjalanan yang mengakibatkan kematian atau cacat tetap.

b. Jaminan keuangan yang jumlahnya menjadi dua kali lipat jika kecelakaan terjadi pada pesawat komersil dan terjadwal, selama perjalanan.

c. Pembayaran biaya rawat inap akibat kecelakaan atau sakit yang terjadi selama di luar negeri.

d. Pembayaran biaya perawatan lanjutan setelah kembali ke Indonesia akibat kecelakan atau sakit selama perjalanan di luar negeri.

a. Penggantian kehilangan atau kerusakan bagasi, pakaian, atau barang-barang pribadi yang ada di dalam bagasi.

b. Penggantian keterlambatan bagasi, antara lain biaya pembelian pakaian, peralatan mandi, dan kosmetik.

c. Penggantian biaya perjalanan akibat keterlambatan perjalanan yang disebabkan oleh berbagai faktor, seperti cuaca buruk, kerusakan mesin pesawat, dan aksi pemogokan.

d. Penggantian biaya deposit, biaya perjalanan, dan akomodasi akibat pembatalan perjalanan.

e. Penggantian biaya perjalanan dan akomodasi akibat perjalanan yang dipersingkat karena meninggal, cedera, atau sakit.

f. Penggantian biaya untuk pembuatan dokumen perjalanan kembali yang hilang akibat pencurian, perampokan, atau pembongkaran.

g. Penggantian berbagai biaya, seperti makan, minum, dan akomodasi akibat keterlambatan kedatangan pesawat lanjutan.

Manfaat yang dapat diperoleh dari asuransi perjalanan memang banyak. Semua jaminan keuangan dan penggantian berbagai biaya tersebut tentu mampu menepis segala kekhawatiran yang timbul selama perjalanan. Jadi, jika perjalanan merupakan aktivitas yang kerap kali Anda jalani, sebaiknya Anda segera memiliki asuransi perjalanan.

Manfaat-manfaat asuransi sebagaimana disebutkan di atas baru merupakan gambaran global. Setiap perusahaan asuransi tentu memiliki detail layanan yang berbeda untuk produk asuransi perjalanan yang mereka jual. Anda dapat menggali lebih informasi seputar asuransi perjalanan di berbagai perusahaan asuransi untuk menemukan yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda dan harganya pun selaras dengan dana yang dapat Anda anggarkan.

This entry was posted in Asuransi. Bookmark the permalink.